Memahami Arti Garis Putih di Jalan Raya

arti garis lurus putih

Setiap pengguna jalan memang harus memperhatikan semua rambu lalu lintas dan marka yang ada di jalan raya. Misalnya, garis lurus putih yang seringkali kamu lihat ketika melintasi jalan. Ternyata beberapa rambu-rambu memiliki arti yang berbeda.

Bagi kamu yang menggunakan kendaraan bermotor, setiap hari pastinya melihat beberapa jenis garis yang terdapat di marka jalan. Kali ini akan dibahas secara lengkap tentang sejumlah arti garis yang terdapat di jalan raya.

  • Garis Marka Putih yang Putus-Putus

Apabila kamu mengetahui garis marka putih yang nampak putus-putus, ketika kamu ingin menyalip kendaraan di depan maka diperbolehkan. Tetapi memang harus dalam satu arah. Kamu juga harus memperhatikan kendaraan lain yang berada di depan supaya tidak terjadi senggolan.

  • Garis Marka Putih yang Penuh

Garis marka tersebut menandakan jika kondisi jalan di depan terdapat tikungan maupun zebra cross. Sehingga apabila kamu menemukan tanda Marga seperti itu tentu saja tidak boleh lebih dari batasan garis yang sudah ada.

  • Garis Marka Putih Lurus

Ketika kamu menemukan garis marka putih lurus, kamu memang harus bersabar ketika berkendara. Karena garis marka ini memberikan himbauan kepada setiap pengendara untuk tidak saling mendahului. Jika kamu memaksa dan terlihat polisi, siap-siap saja kamu terkena tilang.

  • Garis Marka Diarsir Lurik-Lurik

Garis marka tersebut biasanya terdapat di sekitaran persimpangan. Sebaiknya kamu tidak boleh berada di jalur tersebut. Sehingga jalur yang diberi tanda garis ini biasanya sudah dibuat sebagai jalur khusus kendaraan lain.

  • Garis Marka Kuning di Tepi Jalan

Jika kamu menemukan garis marka berwarna kuning dan berada di tepi jalan, sebaiknya kamu tidak boleh memarkir kendaraan di area tersebut. Tanda bukan area parkir biasanya dibuat pada sebuah kawasan yang memang tidak dipergunakan untuk area parkir.

Itulah pengertian marka arti garis lurus putih dan beberapa garis lain yang terdapat di jalur lalu lintas. Silakan mematuhi semua peraturan yang sudah ditetapkan di jalan raya. Selain menjadi pengendara yang bijak, kamu juga akan semakin terhindar dari beberapa unsur kecelakaan yang mungkin saja terjadi.

 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.