Manfaat Susu Dalam Meningkatkan Imun Tubuh

Susu untuk Imun Tubuh

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan rutin mengonsumsi susu dan produknya. Susu memiliki banyak manfaat. Salah satunya ialah untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Susu sangat baik dikonsumsi oleh berbagai jenis kelompok umur. Susu mengandung nutrisi tinggi dan berbagai nutrisi penting yang dapat membuat organ tubuh berfungsi dengan baik. Selain itu, sangat baik susu untuk imun tubuh dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Bagi anak-anak, susu merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Lain halnya dengan orang dewasa, susu sangat efektif dalam mengurangi munculnya berbagai masalah penyakit kardiovaskular dan osteoporosis.

Manfaat Susu untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Susu merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh, sehingga perlu dikonsumsi secara teratur. Susu mengandung zat gizi mikro seperti vitamin B12 dan vitamin A. Susu tidak hanya efektif untuk menjaga kesehatan mata, tetapi juga memiliki peran penting dalam menjaga sistem imun otak dan tubuh.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan vitamin B12 dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak serta menjaga kesehatan jaringan otak dan saraf. Tingkat konsentrasi dan kemampuan belajar anak dapat meningkat jika asupan vitamin B12 terpenuhi secara maksimal.

Vitamin B12 dan vitamin A memiliki tugas untuk melawan zat berbahaya atau virus penyebab penyakit. Kedua vitamin ini juga dapat membantu mengoptimalkan produksi sel darah putih yang berperan untuk menghilangkan kuman berbahaya dalam tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berikut beberapa nutrisi dalam susu yang penting untuk kekebalan tubuh:

  • Zinc

Susu mengandung zinc atau seng dan merupakan salah satu mineral terpenting bagi tubuh. Kandungan zinc yang cukup dalam tubuh mampu mendukung sistem imun saat melawan antigen. Inilah yang bisa membuat tubuh lebih kuat atau mengurangi paparan virus.

  • Protein

Seperti diketahui, susu merupakan sumber protein yang baik dan mudah ditemukan. S]hanya satu gelas susu sudah mengandung sekitar 8 gram protein. Protein sendiri memiliki peran vital dalam tubuh, terutama dalam mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh saat melawan virus.

  • Vitamin D

Vitamin D berguna untuk meningkatkan kualitas kerja sel imun dalam melawan infeksi dan mengaktifkan reaksi imun tubuh saat antigen masuk. Tidak hanya itu, vitamin D memiliki efek pertahanan pada sistem pernapasan.

  • Vitamin A

Tidak hanya vitamin D dan vitamin B12, vitamin A juga terdapat dalam susu. Vitamin yang biasa disebut vitamin anti inflamasi memiliki peran penting dalam mengendalikan peradangan.

 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.