Kamu Harus Tahu Penyebab Maag dan Cara Untuk Mengatasinya dengan Benar!

penyebab dari sakit maag

Salam sehat semuanya, semoga pada hari ini dan seterusnya kamu selalu jauh dari yang namanya sakit agar hari – hari yang kamu lalui selalu bahagia, dan hari ini saya ingin membagikan info penting bagi kamu tentang penyebab maag yang semestinya diketahui terlebih dahulu, baiklah mari kita mulai saja.

 

Penyakit maag merupakan jenis penyakit yang diderita oleh banyak orang itu termasuk aku dan kamu juga pastinya. Penyakit ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya dan dapat diatasi dengan cepat dan mudah. Sebelum terkena penyakit maag, sebaiknya kamu harus tahu penyebab maag yang bisa digunakan untuk menghindarinya. Penyakit maag sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal yaitu berikut ini:

 

1. Faktor gaya hidup tidak sehat

Penyakit maag bisa disebabkan karena mempunyai gaya hidup yang tidak sehat. Sehingga untuk menghindari agar tidak terkena maag maka perlu untuk mempunyai gaya hidup yang lebih sehat dan menghindari faktor berikut ini:

 

  • Bagi Anda yang mempunyai kebiasaan merokok bisa lebih mudah untuk terkena maag.
  • Bagi yang mengkonsumsi minuman tertentu seperti alkohol, kafein, dan juga minuman bersoda juga lebih mudah terkena maag.
  • Apabila makan terlalu banyak dan cepat tidak dikunyah dengan tepat akan menyebabkan mengalami maag.
  • Memilih jenis makanan yang dapat memicu maag lebih tinggi seperti jenis makanan pedas, makanan berlemak, dan makanan berminyak.
  • Bagi yang mempunyai pola pengaturan stress tidak baik sehingga sering stres juga dapat membuat resiko mengalami maag lebih tinggi.

 

2. Faktor gangguan pencernaan

Apabila mempunyai penyakit tertentu juga akan menyebabkan lebih mudah untuk menderita penyakit maag. Sehingga bagi yang mengalami kondisi di bawah ini sebaiknya tekan resiko terkena maag dengan mempunyai gaya hidup lebih sehat yang bisa dilakukan. Adapun beberapa jenis penyakit yang membuat resiko terkena maag adalah:

 

  • Mempunyai kondisi GERD atau penyakit refluks asam lambung.
  • Mempunyai peradangan lambung atau gastritis.
  • Mempunyai radang pankreas atau kondisi pankreatitis.
  • Mempunyai penyakit iskemia usus atau kondisi berkurangnya aliran darah di usus.
  • Mempunyai kondisi penyumbatan pada usus atau obstruksi.
  • Mengalami kondisi dengan mempunyai batu empedu dan penyakit celiac.
  • Mempunyai kondisi penyakit hernia hiatus yang membuat lambung menonjol ke dalam diafragma.
  • Bagi yang mempunyai kanker lambung juga mudah terkena maag.

 

3. Efek samping dari obat tertentu

Bagi yang mengonsumsi obat-obatan tertentu juga akan membuat efek terkena maag lebih besar. Dimana untuk faktor ini adalah ketika mengonsumsi obat antibiotik dalam jangka panjang. Selain itu kondisi ini juga dapat terjadi bagi yang sering menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid OANS seperti diclofenac dan ibuprofen juga dapat memicu seseorang mengalami maag.

 

Ketika mempunyai gaya hidup hingga kondisi di atas, maka mempunyai resiko mengalami maag yang besar. Untuk menentukan keparahan tingkat maag yang dipunyai juga bisa berdasarkan Maag Meter yang dapat kamu ketahui penyebab dari sakit maag dan dapat menyarankan solusi yang tepat. Sebelum terkena maag sendiri, sebaiknya berusaha untuk menghindari faktor yang dapat menyebabkan terkena maag. Utamanya untuk faktor yang dapat dihindari yaitu gaya hidup yang dipunyai, pola makan sehari-hari, dan juga hindari penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka panjang.

 

Sedangkan bagi Anda yang sudah mempunyai maag bisa untuk melakukan terapi obat dengan mengonsumsi jenis obat yang bagus untuk mengatasi gejala maag seperti berikut:

 

  1. Pertama adalah antasida yang dapat digunakan mengatasi gejala maag seperti Promag. Jenis ini cocok untuk penyakit maag golongan ringan hingga menengah.
  2. Jenis selanjutnya adalah obat antagonis reseptor H3 yang dapat menurunkan kadar asam lambung.
  3. Obat penghambat pompa proton untuk menurunkan kadar asam lambung.
  4. Prokinetik merupakan obat untuk meredakan gejala sakit maag.
  5. Antibiotik untuk obat maag yang disebabkan bakteri.
  6. Antidepresan untuk meredakan nyeri sakit maag.

 

Sekian dulu untuk info dan tips yang ada di artikel kemudian terima kasih telah membacanya sampai selesai, jika infornya masih kurang jelas mengenai penyebab dari sakit maag ini saya bisa merekomendasikan website yang mengulas lengkap tentang penyakit maag dan website tersebut adalah promag.

 

Di website promag ini banyak sekali penjelasan mengenai penyakit yang berhubungan dengan lambung seperti penyebab maag yang telah saya jelaskan diatas selain itu banyak juga tips – tips menarik yang bisa ditemukan di website tersebut terkait dengan lambung, dan jumpa di lain kesempatan.

 

 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.