Cara Mengatasi Diare Mudah dan Aman Pada Anak

Cara mengatasi diare pada anak

Sudah bukan merupakan suatu hal yang sangat asing apabila anak-anak sering sekali mengalami masalah diare atau gangguan pada sistem pencernaan mereka. Biasanya anak-anak akan mudah sekali mengalami gangguan dan diare pada masa-masa tertentu. Tetapi sebagai orang tua pasti jangan hanya menunggu diare anak sudah parah baru bertindak tetapi jika sudah menemukan gejala diare pada anak, maka segera lakukan tindakan pertolongan yang tepat dan cepat. Tujuannya adalah supaya anak bisa sehat dan ceria kembali.

 

Cara mengatasi diare pada anak yang mudah dan aman itu sebenarnya bukan merupakan hal yang mudah tetapi juga tidak sulit. Karena pada dasarnya untuk obat diare yang tersedia di apotek dan ditujukan untuk anak-anak sudah banyak sekali jadi Anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan obat tersebut. Atau mungkin Anda juga bisa berikan beberapa ramuan tradisional dan jamu herbal peninggalan nenek moyang yang nantinya bisa Anda manfaatkan untuk mengobati diare anak Anda.

 

Ada beberapa langkah yang harus Anda pahami tentang diare anak. karena memang pada umumnya dari setiap anak akan memiliki ciri dan gejala yang berbeda-beda saat sedang mengalami diare. Kuncinya adalah jika anak mengalami BAB yang cukup sering dan berbau busuk serta encer dan berbusa maka segera berikan pertolongan karena anak sudah menderita diare dengan gejala yang muncul seperti yang disebutkan di atas. Supaya lebih jelas, berikut ini cara-cara untuk mengatasi diare pada anak:

 

  • Berikan asupan cairan

Pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memberikan asupan cairan yang cukup pada anak Anda. Tujuannya supaya anak tidak dehidrasi yang nantinya akan sangat berbahaya untuk keselamatan anak tersebut. Jadi jangan sampai Anda anggap bahwa jika anak-anak mengalami diare itu akan sembuh dengan sendirinya dalam jangka kurun waktu 48 jam, namun jika tidak sembuh maka usahakan untuk berikan asupan cairan yang cukup supaya tubuh tidak lemas.

 

  • Berikan asupan makanan sehat

Selanjutnya adalah Anda bisa coba dengan memberikan makanan asupan yang sehat dan seimbang. Tujuannya adalah supaya anak Anda tetap bisa terlihat ceria dan tidak lemas karena sudah banyak mengeluarkan isi yang ada di dalam perutnya. Jadi usahakan untuk selalu memberikan makanan dalam porsi kecil supaya ususnya tidak begitu kerja keras namun dengan syarat meski sedikit namun sering.

 

  • Jangan berikan obat

Yang terakhir jangan sekali-kali sembarangan memberikan obat-obatan pada anak Anda karena ditakutkan nanti malah akan buruk untuk kesehatannya. jangan asal beri obat meski hanya dengan ramuan atau obat tradisional dan herbal. Konsultasikan saja dengan dokter terlebih dahulu. Supaya dokter bisa memberikan petunjuk dan arahan yang tepat kira-kira apa yang perlu orang tua lakukan untuk menyembuhkan diare anaknya.

 

Cara mengatasi diare pada anak yang aman dan mudah seperti disebutkan di atas adalah lebih aman jika dibandingkan dengan Anda langsung memberikan obat-obatan meski obat tersebut adalah obat herbal. Dan sangat disarankan bagi orang tua untuk segera membawa dan periksa kepada tenaga medis apabila kondisi anak sudah pucat, anak tidak mengeluarkan air mata saat menangis dan sesak napas serta mata sudah terlihat sangat cekung. Tanda-tanda seperti ini sudah sangat cukup bahaya dan Anda harus langsung konsultasi dengan dokter supaya anak bisa langsung segera mendapatkan pertolongan medis.

 

 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published.